Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Utamakan Pendidikan Karakter

Utamakan Pendidikan Karakter
Seluruh lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus mengutamakan pendidikan karakter agar mampu menghasilkan sumber daya manusia berkualitas.

09 April 2012 00:00:00

Seluruh lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus mengutamakan pendidikan karakter agar mampu menghasilkan sumber daya manusia berkualitas. Sebab, pendidikan karakter penting merupakan modal bagi generasi muda untuk memasuki persaingan masa depan yang mengutamakan kecerdasan emosional dan intelektual.

Permintaan Bupati Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Yusroni Yazid itu dikemukakan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Bangka, Tarmizi H. pada acara pelatihan guru PAUD di Kecamatan Sungailiat, Rabu (4/4).

“Guru PAUD memegang peranan penting dalam menanamkan pendidikan karakter. Pembudayaan pendidikan karakter tersebut bisa menitikberatkan pada pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan emosional, sosioemosional, bahasa dan komunikasi sesuai dengan kultur bangsa Indonesia,” jelasnya.

Dinyatakan pula oleh Yusron, pelatihan guru-guru PAUD dapat menjadi titik awal kelahiran generasi muda unggul. Yaitu generasi yang memiliki jiwa dan karakter unggul serta berbeda dengan generasi muda dari negara lain sehingga keberadaan mereka dapat diperhitungkan bangsa lain di dunia.

Pada kegiatan itu ia juga mengingatkan ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan terhadap anak, seperti memukul dan menekan anak untuk melakukan sesuatu. Dampak perbuatan tersebut, katanya, antara lain anak bisa bersikap rendah diri atau minder, penakut, tidak berani mengambil resiko. Pada akhirnya hal ini akan berdampak langsung terhadap perkembangan anak.

Meski demikian, kata dia, bukan berarti para guru dan orang tua harus memanjakan dan menuruti seluruh keinginan anak. Apabila terlalu dimanjakan juga akan berdampak negatif terhadap pertumbuhun seorang anak. (Mulia/HK)

Foto Ilustrasi: TK Muslimin Kab. Sidoarjo, Jawa Timur
Semua Berita