Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Perubahan Status BPKB Disambut Baik Di Sumatera Barat

Perubahan Status BPKB Disambut Baik Di Sumatera Barat

04 Februari 2017 16:32:44

Padang, PAUD Dikmas. Perubahan status Balai Pengembangan Kegiatan Belajar Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BPKB PAUD dan Dikmas) Provinsi, menjadi wewenang Kementerian disambut baik jajaran BPKB PAUD dan Dikmas Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Selain adanya peningkatan kualitas layanan dan pengembangan model, juga memberi peluang kualias pegawai di daerah.

Hal itu disampaikan Kepala BPKB Sumatera Barat, Afrizal Mochtar. Menurutnya, selain anggaran program bertambah, dari Rp1,8 miliar saat di bawah Provinsi. Kini menjadi Rp8 miliar lebih.

"Dengan anggaran yang besar, menjadikan kuantitas model dan pengembangan program lebih luas, serta bisa menjangkau pelosok," ujar Afrizal.

BPKB Sumbar juga lebih diuntungkan karena gedung sudah berdiri di lahan milik sendiri dengan luas sekitar 9.500 m2. Sehingga, pihaknya bisa lebih fokus kepada peningkatan kualitas dan kinerja pegawai, juga kualitas porgram.

"Kami akan memprogram pegawai untuk magang di Unit Pelaksana Terknis (UPT) Jateng dan Jabar. Sehingga mindset pegawai bukan lagi pekerja tingkat Provinsi tapi sudah level kementerian," papar ayah dua putera ini.

Afrizal berbagai persiapan sudah dimatangkan, mulai persiapan administrasi hingga program yang akan dijalankan setelah menjadi UPT.

"Kami lakukan penguatan internal, baik administrasi maupun pegawai. Serta sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah Pemerintah Kota dan Kabupaten di Sumbar. Juga beberapa perguruan tinggi untuk menjadi mitra peningkatan kualitas internal dan program. Sehingga begitu SK perubahan status turun, kami langsung bekerja," ujar Afrizal yang memimpin sekitar 45 orang pegawai.

Diakui Afrizal, meski kantor milik sendiri. Namun kondisinya belum menunjukan sebuah kantor kementerian. Sehingga perlu pembenahan dan perbaikan di area yang telah memiliki dua asrama, aula dan tempat belajar. Afrizal, mengungkapkan sesuai arahan pak Sesjen saat kunjungan. Bahwa kantor ini harus segera dibenahi sehingga layak menjadi kantor perwakilan kementerian.

"Pak Sesjen minta kantor depan dibangun kembali, dan jumlah taman ditambah. Sehingga membuat betah pegawai dan pamong. Targetnya tahun 2018 mulai pembangunan," jelas Afrizal.

Afrizal yang akan segera memasuki masa pensiun ini juga berharap agar di akhir masa jabatannya ini bisa menorehkan tinta emas dalam pengembangan PAUD dan Dikmas. Sehingga kepada jajarannya meminta untuk bekerja semaksimal mungkin dan menggunakan anggaran dengan amanah, efisien, efektif, transparan dan akuntabel. (KS/Tim Warta)

Semua Berita