Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

UNBK Lebih Efisien Dibandingkan UNKP

UNBK Lebih Efisien Dibandingkan UNKP
Peserta sedang mengerjakan soal-soal dengan menggunakan komputer

16 April 2017 10:47:50

Cimahi, PAUD dan Dikmas. Sementara itu pelaksanaan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan di Cimahi Jawa Barat berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 15 s.d 16 April 2017. Meski secara nasional Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara resmi dijadwalkan pada bulan Oktober mendatang, tetapi Dinas Pendidikan Kota Cimahi justru berani menyelenggarakan UNBK lebih dini. Menurut Kabid Pembinaan PAUD dan Dikmas, Zaenal Mutakin, penyelenggaraan UNBK ini lebih efisien karena mengurangi jumlah kepanitian dan memperkecil kecurangan yang terjadi. Ketakutan peserta didik akan kesulitan mengisi jawaban di komputer ternyata tidak terjadi, malah mereka bilang UNBK lebih gampang dari pada UNKP tambahnya.

Pelaksanaan ujian nasional pendidikan kesetaraan di kota Cimahi dilaksanakan di dua sekolah kejuruan. Ujian yang diselenggarakan yaitu UNKP dan UNBK, UNKP diikuti oleh 298 orang sementara UNBK diikuti oleh 411 orang. Para peserta didik tersebut berasal dari delapan PKBM antara lain: At-Tajdid, Akademika, Bina Mekar, Daarul Piqri, Mitra Dikmas, Srikandi, Baitul Ikhlas dan Bina Mandiri Cipageran

Koordinasi dan kerja sama antar bidang di Dinas Pendidikan  Cimahi cukup harmonis, ini terbukti dengan terlaksananya ujian nasional kesetaraan di sekolah kejuruan yaitu di SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2. Menurut data dari pihak panitia ujian, di kota Cimahi ini jumlah peserta UNBK lebih banyak dari peserta UNKP. Dan ini merupakan satu langkah untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan program pendidikan kesetaraan di lapangan. (Warta/KS/Pri)

Semua Berita