Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

TMMD Perkuat Pendidikan Karakter Bangsa

TMMD Perkuat Pendidikan Karakter Bangsa
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

13 Maret 2018 13:39:10

Jakarta, PAUD dan Dikmas - Tak dipungkiri bahwa kondisi pendidikan Indonesia masih jauh dari harapan. Banyak anak-anak bangsa di daerah terbatas, terpencil dan tertinggal (3T) yang belum terlayani dan mendapatkan akses pendidikan. Sehingga pemerintah membutuhkan bantuan dari berbagai pihak. Tak terkecuali TNI Angkatan Darat.

Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam pembukaan Rapat Koordinasi (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 tahun 2018 di Jakarta, Selasa (13/3).

"TNI Angkatan Darat berada di seluruh wilayah Indonesia, hingga wilayah terpencil. Hal itu kita mendapatkan manfaat dalam penyelenggaraan akses pendidikan bagi masyarakat yang tidak terjangkau dunia pendidikan. Kemampuan TNI memiliki kemampuan dalam dunia pendidikan," ujar Muhadjir.

Selain itu, kata Muhadjir, visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2015-2019 pendidikan karakter menjadi visi Kemendikbud, sehingga sangat tepat jika mendapat dukungan dari TNI dalam pembentukan karakter bangsa tersebut. Seperti dalam tugas TNI dalam operasi militer selain perang, salah satunya membantu percepatan pembangunan dan pembentukan jiwa patriotisme bagi pelajar serta masyarakat.

"Hadirnya anggota TNI bagi pendidikan adalah mempersenjatai generasi muda dengan pembentukan karakter bangsa. Sehingga bisa menangkal proxy war dan arus globalisasi yang tidak mungkin bisa dihindari," tambah Muhadjir saat taklimat media atau konferensi pers di depan wartawan.

Sehingga kondisi ini, kata Muhadjir, sejalan dengan tema TMMD ke-101 tahun 2018 yakni “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa”. (**)

Semua Berita