Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

TMMD Sebagai Jembatan Tri Pusat Pendidikan

TMMD Sebagai Jembatan Tri Pusat Pendidikan

13 Maret 2018 15:31:00

Jakarta, PAUD dan Dikmas - Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Irjen Kemendikbud) Daryanto memaparkan bahwa pendidikan karakter adalah wujud dari nawacita yakni penguatan revolusi karakter bangsa melalui budi pekerti dan pembangunan karakter peserta didik sebagai bagian dari revolusi mental.
"Pembentukan dan pendidikan karakter selama ini dilakukan melalui sekolah. Ke depan kita perkuat melalui tripusat pendidikan yakni sekolah, keluarga dan masyarakat," ujar Daryanto dalam pembekalan peserta Rakornis TMMD ke-101 tahun 2018 di Jakarta, Selasa (13/3).
Pembentukan karakter itu, kata Daryanto, tertuang dalam Kurikulum 2013 yang mencakup kemampuan karakter, literasi dan kompetensi. Literasi yakni kemampuan menerapkan kecakapan dasar dalam kehidupan sehari-hari, kompetensi terkait kemampuan memecahkan masalah komplek.
"Pendidikan karakter itu hakikatnya membentuk kemampuan adaptasi dalam lingkungan yang dinamis. Sehingga dalam arus globalisasi ini sangat diperlukan karakter peserta didik yang kuat," tegas Daryanto.
Menurut Daryanto, pelaksanaan TMMD ini menjadi momentum penting pendidikan karakter oleh TNI kepada masyarakat dan generasi muda.

Kerja sama dengan TNI sebenarnya sudah berjalan lama. Pelaksanaan Rakornis ini merupakan wujud kerja sama yang baik antar lintas kementerian dan lembaga pemerintahan untuk menghadirkan Negara dalam hal mencerdaskan kehidupan bangsa. Diharapkan dalam kerja sama ini bisa menyiapkan peserta didik yang berdaya saing tinggi dan mempunyai rasa cinta terhadap tanah air sehingga dapat menyongsong Generasi Emas Indonesia Tahun 2045,” pungkasnya.(Tim Warta/KS)

Semua Berita