Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Mulai Tahun Ini SKB Jadi Sekolah Alternatif Jaman Now

Mulai Tahun Ini SKB Jadi Sekolah Alternatif Jaman Now

09 April 2018 18:46:56

Jakarta, PAUD dan Dikmas. “Mulai tahun ini coba kita bangun Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) sebagai sekolah alternatif bagi anak muda,” himbau Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas), Harris Iskandar melalui jaringan grup sosial media (sosmed) Forum Komunikasi Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas. Sabtu (7/4)

Melalui grup sosmed tersebut, Dirjen PAUD dan Dikmas juga menghimbau para UPT PAUD dan Dikmas sebelum tanggal 15 April tahun ini agar segera memberikan usulan ataupun masukkan. Dengan cara melalui aplikasi Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran (Krisna) yang terintegrasi antar 3 Kementerian.

Yaitu : Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/ Bappenas), Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Pan RB) serta Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Selain itu Dirjen juga menyampaikan, bahwa ada dua contoh cara untuk menjadikan SKB sebagai sekolah alternative yaitu : Merahabilitasi atau membangun SKB baru. Merehab SKB lama dari model bangunan SD Inpres menjadi kampus yg mirip politeknik atau SMK unggulan, atau dengan cara membangun SKB baru.

Atau cabang yang lama dibuat dengan model bangunan gaya anak zaman now, dan posisikan SKB baru bersebelahan atau tidak jauh dari SMA Unggulan di kota itu. Selain itu tidak usah terlalu banyak program, cukup dengan program kursus Bahasa Inggris, koding, kesetaraan dan bimbingan karir (bimbel plus), tulis Dirjen disosmed tersebut. (timwarta/MHF/Pri/KS)

Semua Berita