Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

PAUD & Dikmas Harus Mampu Berakselerasi Dengan TIK

PAUD & Dikmas Harus Mampu Berakselerasi Dengan TIK

26 September 2018 17:43:13

Mataram, PAUD & Dikmas. “Pendidikan yang berkualitas itu harus mampu berakselerasi dengan perkembangan teknologi dan informasi,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD & Dikmas) Harris Iskandar, saat Seminar Nasional Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk PAUD & Dikmas Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Senin (24/9)

Menurut Harris ditingkat global perkembangan TIK saat ini sangat mempengaruhi seluruh bidang kehidupan umat manusia, oleh sebab itu jika dunia pendidikan khususnya dibidang PAUD & Dikmas tidak dapat berakselerasi dengan perkembangan TIK, maka kemampuan dan keahlian masyarakat kita akan jauh tertinggal dan kesempatan kerja akan semakin sempit.

Akselerasi pendidikan dengan TIK dapat dilakukan dengan cara pemanfaatan teknologi informasi sebagai media pembelajaran, diantaranya melalui pemanfaatan internet dalam e-learning maupun penggunaan komputer sebagai media interaktif. Seperti media pembelajaran Ditjen PAUD Dikmas yang bernama codenesia dan laman daring Ruang Guru PAUD (ANGGUN PAUD), ujar Dirjen menambahkan.

Menutup sambutannya Dirjen berharap dengan adanya akselarasi dunia PAUD & Dikmas terhadap perkembangan TIK, dapat merangsang pikiran, perasaan, minat serta perhatian peserta didik sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran dapat terjadi.

Selain itu proses pembelajaran akan lebih efektif, karena jika sudah mampu berakselerasi dengan perkembangan TIK maka berbagai hambatan dalam proses pembelajaran seperti hambatan fisiologis, psikologis, kultural, dan lingkungan dapat teratasi dengan baik.

Pada acara yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan (BP) PAUD Dikmas Provinsi NTB, selain Dirjen PAUD & Dikmas turut hadir sebagai pemateri Kepala Pusat Teknologi & Informasi (Pustekom) Kementerian Pendidikan & Kebudayaan (Kemdikbud), Kepala Pusat Pengembangan (PP) PAUD & Dikmas Jawa Tengah serta Kepala PP PAUD & Dikmas Jawa Barat. (Tim Warta/MHF/Pri-Ars/KS)

Semua Berita