Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Pegawai Ditjen PAUDNI Tingkatkan Kemampuan Olah Data Geospasial

Pegawai Ditjen PAUDNI Tingkatkan Kemampuan Olah Data Geospasial
Sejumlah pegawai Ditjen PAUDNI sedang mengikuti pelatihan olah data geospasial. Data PAUDNI yang telah diolah dapat ditampilkan menjadi peta sebaran. (foto: Husnul Farizi)

06 Agustus 2012 00:00:00

JAKARTA. Para pegawai Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal,(PAUDNI) berlatih meningkatkan kemampuan mengolah data geospasial. Hal ini berguna untuk membuat peta sebaran lembaga PAUDNI secara online/daring.

Pelatihan yang diselenggarakan di ruang Sidang Ditjen PAUDNI tersebut berlangsung hari ini sejak pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Dihadiri pegawai dari seluruh direktorat dan sekretariat, pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari Badan Informasi Geospasial yakni Kepala Bidang Promosi dan Administrasi Kerja Sama, Pusat Pelayanan Jasa dan Informasi Sri Lestari Munajati M.Agr, Novi Haryono, dan Arif Aprianto.

Ibu Sri Lestari menuturkan, selama ini kerap terjadi duplikasi data geospasial. Masing-masing kementerian lembaga membuat peta sesuai sasaran masing-masing. Sebaiknya, data tersebut disinkronisasikan melalui Sistem Informasi Geospasial yang disusun oleh BIG. “Ditjen PAUDNI sudah memiliki basis data yang cukup bagus, kami harap ini dapat disinkronkan dengan sistem di BIG,” ucapnya, Senin (6/8).

Sedangkan Kepala Bagian Hukum dan Kepegawaian Setditjen PAUDNI, Ir. Agus Pranoto Basuki M.Pd meminta agar seluruh pegawai yang mengikuti pelatihan dapat menerapkan yang telah diajarkan para narasumber. “Kita tidak dapat menyusun kebijakan yang baik tanpa pijakan data yang kuat,” ujarnya.

Oleh karena itu, Kabag menegaskan agar para penata data di Ditjen PAUDNI tidak berhenti dalam melakukan pemutakhiran data. “Pelatihan ini merupakan langkah awal untuk mencipta data yang solid. Jangan pernah berhenti,” ujarnya. (Yohan Rubiyantoro/HK)

Semua Berita