Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Investasi PAUD Memberi Imbal Hasil Paling Tinggi

Investasi PAUD Memberi Imbal Hasil Paling Tinggi
JAKARTA. Investasi pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memberi imbal hasil (return) paling tinggi dibanding jenjang pendidikan lain.

14 Desember 2012 00:00:00

JAKARTA. Investasi pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memberi imbal hasil (return) paling tinggi dibanding jenjang pendidikan lain. Sumber daya yang dikeluarkan pada saat anak usia dini dapat memaksimalkan pertumbuhan otak, menghindari hilangnya potensi kecerdasan anak, serta menjadi basis bagi pembelajaran lebih lanjut.

Hal tersebut disampaikan Guru Besar Universitas Andalas, Prof. Dr. Fasli Jalal pada Workshop Corporate Social Responsibility (CSR) PAUD yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan PAUD di Jakarta (12/12). “Investasi PAUD memberi return tertinggi meskipun hasilnya baru dapat dilihat 20 tahun mendatang,” ucapnya.

Pernyataan yang disampaikan mantan Wakil Menteri Pendidikan tersebut mengutip hasil studi Pedro Carneiro, seorang Guru Besar Departemen Ekonomi University College London.   Pedro melakukan riset terhadap manfaat investasi pendidikan yang dikeluarkan oleh orangtua pada anak usia 0-3 tahun, 4-5 tahun, usia sekolah, serta pascasekolah. “Investasi PAUD memberi dampak paling besar terhadap kualitas pembangunan sebuah bangsa,” tulis Pedro dalam blog pribadinya.

Fasli, yang merupakan pakar Gizi dan Stimulasi Psikososial PAUD memaparkan usia dini merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak. Usia nol hingga enam tahun merupakan fase super penting bagi perkembangan putra-putri kita. Rangsangan yang diberikan akan memengaruhi laju perkembangan mereka sepanjang rentang hidup.

“Kalau kita tidak bersama-sama membangun PAUD dari sekarang, maka akan terjadi gap. Akan ada anak-anak yang kaya dan menikmati layanan PAUD, dan anak-anak miskin yang tidak terlayani,” ucapnya mengingatkan. (Yohan Rubiyantoro/HK)

Semua Berita