Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Penyusunan Laporan Keuangan Ditjen PAUDNI

Penyusunan Laporan Keuangan Ditjen PAUDNI
Para peserta sedang melaksanakan Penyusunan Laporan Keuangan Semester I tahun 2012 dengan Program Aplikasi Sistem Akuntansi Instansi (SAI) di Tangerang, Banten, 11-14 Juli.

24 Juli 2012 00:00:00

TANGERANG. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (Ditjen PAUDNI) menyelenggarakan Penyusunan Laporan Keuangan Semester I tahun 2012 dengan Program Aplikasi Sistem Akuntansi Instansi (SAI) di Tangerang, Banten, 11-14 Juli. Diharapkan kegiatan ini bisa turut memperbaiki opini Laporan Keuangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Opini BPK terhadap laporan keuangan Kemdikbud sangatlah penting karena opini tersebut dapat mendorong pelaksanaan reformasi birokrasi,” kata Direktur Jenderal PAUDNI Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog yang akrab dikenal dengan nama Reni Akbar Hawadi saat memberikan sambutan .

Oleh karena itu, Reni mengajak semua pihak yang terkait untuk bertanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Ia menekankan bahwa laporan yang mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian mensyaratkan kebenaran mutlak baik formal maupun material , juga secara de jure dan de facto.

“Maka dari itu, kita harus memperhatikan kaidah-kaidah yang ditentukan dan peraturan yang ada dalam menyusun laporan keuangan,” ujar Reni kepada para peserta kegiatan tersebut.

Penyusunan Laporan Keuangan Semester I tahun 2012 Ditjen PAUDNI diselenggarakan sebagai wujud pertanggungjawaban satuan kerja sesuai dengan peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku. Selain itu juga untuk mendapatkan hasil laporan keuangan yang efesien, efektif, transparan, dan akuntabel, serta mendapat opini yang lebih baik.

Para peserta kegiatan adalah para operator, verfikator, validator Sistem Akuntasi Keuangan (SAK) dan Sistem Informasi Manajemen Akuntansi Barang Milik Negara (Simak BMN), serta penyusun laporan keuangan kantor pusat, kantor daerah, dan dekosentrasi. Sementara itu narasumber  berasal dari Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kemdikbud dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan. (Dina Julita/HK)

Semua Berita