Ditjen PAUD-Dikmas

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Perhatian Pemda Berbanding Lurus dengan Kesuksesan PAUDNI

Perhatian Pemda Berbanding Lurus dengan Kesuksesan PAUDNI
Grup paduan suara dari Papua menutup seluruh rangkaian acara Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi tingkat Nasional 2012 di Jakarta, Kamis (12/7). Grup dari Papua menjadi juara 1 dalam kategori paduan suara dalam kegiatan tersebut.

17 Juli 2012 00:00:00

JAKARTA. Perhatian pemerintah daerah berbanding lurus terhadap perkembangan pendidikan anak usia dini, nonformal, dan informal (PAUDNI). Bukan letak geografis yang mempengaruhi prestasi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di bidang PAUDNI.

Demikian kesimpulan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim setelah pemberian penghargaan kepada para pemenang Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2012 di Jakarta, Kamis (12/7)

“Meskipun letak geografis Papua jauh dari ibu kota, tapi bisa berprestasi di ajang ini,” kata Musliar.

Dalam kegiatan Apresiasi PTKK PAUDNI Beprestasi ini, Papua menggondol juara I pada kategori paduan suara. Peserta dari kontingen Papua juga meraih peringkat 4 dalam kategori senam sajojo.

Menanggapi prestasi kontingen Jawa Tengah yang berhasil menjadi juara umum, Musliar menyatakan bahwa menurut pengamatannya, pemerintah daerah di Jawa Tengah cukup besar memberikan perhatian kepada penyelenggaran PAUDNI di wilayahnya.  “Jadi, pantas bila Jawa Tengah menjadi juara umum,” kata Musliar.

Oleh karena itu, untuk menyukseskan program PAUDNI, Musliar mengimbau kepada pemerintah daerah untuk terus meningkatkan perhatiannya kepada PAUDNI. Perihal PAUD misalnya, belum semua masyarakat menyadari mengenai pentingnya PAUD. Oleh karena itu, diperlukan peran pemerintah daerah yang kuat dalam mengatasi hal ini.

Dinyatakan pula oleh Musliar, ia memberikan apresiasi terhadap kerja keras dan dedikasi PTK PAUDNI dalam menyukseskan program PAUDNI. Jumlah PTK PAUDNI diakui Musliar masih terbatas, tapi mereka telah berhasil memberikan andil yang besar terhadap peningkatan kecerdasan bangsa. (Dina Julita/HK)

Semua Berita