Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

ASEAN Curriculum Sourcebook Resmi Diluncurkan

ASEAN Curriculum Sourcebook Resmi Diluncurkan
Sejumlah pejabat tinggi kementerian pendidikan se-ASEAN berpose bersama dalam pertemuan menteri pendidikan se-ASEAN. Persamuhan tersebut bertujuan menyatukan pemahaman serta mempererat kerja sama. (foto, kemdikbud.go.id)

05 Juli 2012 00:00:00

YOGYAKARTA. Para Menteri Pendidikan se ASEAN secara resmi meluncurkan Asean Curriculum Sorcebook ,di Hotel Sheraton Yogyakarta, Rabu (3/7). Ini merupakan komitmen para Menteri Pendidikan di ASEAN dalam menguatkan hubungan dalam lingkup masyarakat ASEAN. Peluncuran buku tersebut dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh.

ASEAN Curriculum Source Book ini merupakan bantuan dari USAID, dan merupakan buku penting dalam menguatkan rasa persaudaraan di kalangan masyarakat ASEAN. Buku ini akan menjadi acuan bagi para guru dan siswa dalam mengembangkan kurikulum di sekolah dasar dan sekolah menengah tentang kehidupan internasional umumnya, ASEAN pada khususnya.

“ASEAN memiliki potensi yang luar biasa dalam kehidupan global, itulah mengapa komunitas ASEAN harus dibangun,” demikian disampaikan Mendikbud usai meluncurkan ASEAN Curriculum Source Book, di Yogyakarta, Rabu (4/07).

Mantan rektor ITS itu menegaskan, ASEAN memiliki populasi 600 juta orang atau sebanding dengan 9% total populasi dunia. Dengan gross domestic product (GDP) yang mencapai USD2 triliun per tahun,maka negara-negara ASEAN dapat memberikan dampak ekonomi yang luar biasa dalam kancah perekonomian global.

Peluncuran buku tersebut dilakukan Mendikbud M Nuh didampingi oleh Menteri Pendidikan Brunai Darussalam, Pehin Abu Bakar Apong, dan Sekretaris Deputi untuk Departemen Pendidikan Amerika Serikat, Anthony Wilder Miller. Acara tersebut turut dihadiri oleh Dirjen PAUDNI, Prof. Dr Lydia Freyani Hawadi, Psikolog dan sejumlah pimpinan unit utama di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (Rini)

Semua Berita