Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Mendikbud Iri Peran TNI Sangat Tinggi dalam Pembangunan

Mendikbud Iri Peran TNI Sangat Tinggi dalam Pembangunan

13 Maret 2018 14:24:06

Jakarta, PAUD Dikmas - Tugas pokok TNI sesuai UU no.34 tahun 2004 tentang TNI, yakni melaksanakan tugas operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang. Dimana banyak berperan dalam pembangunan dan membantu tugas pemerintahan di daerah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Hal itu menjadi perhatian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Menurutnya, kehadiran dan peran TNI dalam setiap aspek pembangunan sangat tinggi, sehingga tidak ada satu pelaksanaan pun yang luput dari peran prajurit TNI.
"Saya iri dengan optimalisasi peran TNI dalam setiap pembangunan bangsa. Banyak peran prajurit TNI dalam operasi militer selain perang yang dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa. Khususnya pendidikan," ungkap Muhadjir dalam sambutan Rakornis TMMD ke-101 tahun 2018 di Hotel Ciputra, Jakarta, Selasa (13/3).
Kalau saja, kata Muhadjir, Kemendikbud memiliki pasukan khusus yang bisa menyelesaikan dan menangani langsung dalam persoalan pendidikan. Apalagi dengan kondisi saat ini dimana pendidikan menjadi otonom pemerintah daerah. Namun masih banyak juga, yang tidak tertangani oleh pemerintah daerah. Sehingga membutuhkan peran TNI untuk menjadi solusinya.
"Banyak juga masalah pendidikan yang tidak tercover oleh pemerintah dan guru-guru di daerah. Alangkah bagusnya jika Kemendikbud memiliki pasukan khusus seperti TNI yang bisa memback up persoalan yang tidak bisa ditangani daerah," papar Muhadjir.
Apalagi, kata Muhadjir, bahwa TNI AD akan membuka Kostrad wilayah timur. Sementara pendidikan di wilayah timur masih dinilai kurang memadai dan masih banyak yang belum yerjangkau.
"Kami akan terus bekerja sama dengan TNI. Apalagi untuk wilayah timur yang tergolong daerah tertinggal. Maka peran TNI akan kita maksimalkan, dan prajurit TNI yang sudah jadi tenaga pendidik di daerah terpencil akan diperbanyak dan ditingkatkan kualitasnya," pungkas Muhadjir.
Seperti diketahui, kerja sama Kemendikbud dengan TNI ini telah berjalan sejak 2011. Diperkuat dengan penandatangan Nota Kesepahaman Nomor 36/XXI/NK/2017 dan Nomor KERMA/45/XII/2017, yang berisi 1) program layanan pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat, 2) program layanan pendidikan dasar dan menengah, 3) program layanan kebahasaan, 4) program layanan pembinaan guru dan tenaga kependidikan, 5) program layanan penelitian dan pengembangan, 6) program layanan kebudayaan, 7) program penguatan pendidikan karakter, 8) program penguatan bela negara, dan 9) program peningkatan kompetensi keguruan personel TNI di Daerah 3T.(Tim Warta/KS)

Semua Berita