Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Tahun ini Kemdikbud Akan Sering Melakukan Rotasi

Tahun ini Kemdikbud Akan Sering Melakukan Rotasi

29 Maret 2018 22:34:19

Jakarta, PAUD dan Dikmas. “Pada periode ini, mungkin akan kita persering untuk peralihan tugas dan peralihan tempat (rotasi) dalam rangka menyegarkan suasana,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat melantik 86 pejabat dilingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), termasuk delapan pejabat dilingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas). Kamis (29/3)

“Karena jika terlalu lama dalam suatu posisi itu sangat tidak sehat, baik itu bagi yang bersangkutan maupun untuk lembaga, dan juga dapat menghindarkan kita dari segala hal yang biasa disebut dengan malapraktek birokrasi, oleh sebab itu Mendikbud meminta agar Biro Kepegawaian segera menuntaskan pedoman tentang hal tersebut.

Dengan harapan pedoman tersebut dapat menjadi acuan Kemdikbud dimasa yang yang akan datang, melalui penegakkan prinsip sebaik-baiknya, sekuat-kuatnyanya sistem meritokrasi/ merit yang mengakui kinerja seseorang atas dasar prestasi, dedikasi, loyalitas dan tindakan yang tidak tercela.

Ditambahkan oleh Mendikbud, dengan adanya rotasi seluruh staff dan pejabat dilingkungan kemdikbud dapat lebih mengenal tugas Kemdikbud didaerah, karena yang diurus oleh Kemdikbud bukan hanya Jakarta tetapi seluruh Indonesia. Oleh sebab itu rotasi yang terjadi saat ini di Kemdikbud tidak hanya pergantian posisi internal di pusat saja, melainkan juga dari pusat ke daerah dan dari daerah menuju ke pusat.

Selain perpindahan tugas dan perpindahan posisi kerja, Mendikbud juga menyampaikan permohonannya agar memberikan contoh dan menularkan hal yang positif kepada 298 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Seperti memeras tenaga para CPNS tersebut untuk bekerja diluar batas kewajaran, karena hal tersebut akan menjadi tradisi yang buruk bagi Kemdikbud dimasa yang akan datang. (timwarta/Pri/MHF/KS)

Semua Berita