Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Menko PMK Bersama Mendikbud Bagikan Bantuan Sosial Bagi Pelajar Penerima KIP dan PKH

Menko PMK Bersama Mendikbud Bagikan Bantuan Sosial Bagi Pelajar Penerima KIP dan PKH
Menko PMK Bersama Mendikbud Foto Dengan Penerima Bantuan Sosial

14 Mei 2018 08:54:19

Malang, PAUD dan Dikmas - Setelah mengikuti acara wisuda di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan memotivasi anak-anak PAUD di taman Sengkaling, Malang. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy membagikan secara simbolis sejumlah bantuan sosial kepada pelajar peraih KIP dan warga penerima PKH di Taman Merjosari, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (12/5).

Puan berpesan, agar masyarakat memanfaatkan bantuan pemerintah itu dengan tepat.

"Para penerima PKH, bantuan pangan non tunai dan anak-anak penerima KIP diharapkan mampu menggunakan sesuai dengan kebutuhan dan peruntukan sesuai aturan. Jangan dipakai buat jalan-jalan atau beli barang," katanya.

Puan menambahkan, program dari Presiden Joko Widodo ini diharapkan mampu memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu. Sehingga diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan sosial dengan baik.

"Pemerintah juga memberikan pendampingan kepada penerima PKH agar bisa menggunakannya secara tepat," papar Cucu Presiden Soekarno ini.

Bantuan sosial berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai, Sertifikasi Tunjangan Profesi Guru serta Bantuan Sarana dan Prasarana untuk Satuan Pendidikan.

Berdasarkan data Menko PMK ada sekitar 30.376 pelajar penerima KIP dari SD, SMP, SMA dan peserta pendidikan kesetaraan. Sedangkan penerima PKH ada sekitar 10.444 warga, dan 15.869 Bantuan Pangan Non Tunai dibagikan kepada masyarakat Kota Malang.

Turut serta mendampingi kunker Menko PMK di Kota Malang, Jawa Timur, Mendikbud Muhadjir Effendy, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto, Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Alex Indra Lukman dan Alfi Reziani, Walikota Batu Dewanti Rumpoko serta para pejabat Eselon I Kemenko PMK. (***)

Semua Berita