Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Mendikbud Muhadjir Effendi Buka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2019

Mendikbud Muhadjir Effendi Buka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2019
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy sedang memberikan arahan saat membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) Tahun 2019 di Sawangan-Depok. Senin (11/1) Fotographer: M. Husnul Farizi

12 Februari 2019 20:26:10

Sawangan, PAUD dan Dikmas. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendi secara resmi membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) tahun 2019, Senin (11/2). Diawali dengan meninjau arena pameran Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di sisi kanan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pegawai Kemendikbud di Bojongsari, Depok, Jawa Barat.

Pembukaan RNPK yang mengusung tema Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan dilakukan di Ruang Garuda. Kegiatan ini diselenggarakan selama empat hari, mulai 11-14 Februari 2019. 

Dalam sambutannya, Mendikbud Muhadjir menyinggung tentang Pendidikan di level PAUD.

Menurutnya, pendidikan di Indonesia jika diibaratkan rumah, sudah berdiri. Namun pekarangannya, halaman yang menjadi tempat pondasi berdiri, belum dibersihkan. ”Yang saya maksud pekarangan ini adalah pendidikan untuk anak usia dini,” jelasnya.

Untuk itulah, hingga akhir masa jabatannya sebagai Mendikbud di era Kabinet Kerja ini, Muhadjir berjanji akan terus melakukan pembenahan.

Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan merupakan wujud membangun sinergi antara seluruh pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, dan masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Dengan diselenggarakannya RNPK ini diharapkan dapat membangun sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta masyarakat untuk menyukseskan program-program prioritas sebagaimana tertuang dalam Nawa Cita, sekaligus merumuskan rancangan kebijakan pendidikan dan kebudayaan tahun 2020. 

Melalui RNPK ini ,  peserta dapat berbagi pengalaman dan informasi terkait praktik baik serta permasalahan yang dihadapi dalam mengelola pendidikan dan kebudayaan serta bersama-sama merumuskan solusi yang dapat diadopsi oleh pihak-pihak terkait. 

Semua pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan dapat bersinergi dalam membuat strategi untuk menyukseskan program-program yang peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan. Selain itu, beberapa isu strategis terkait pendidikan dan kebudayaan menjadi pokok bahasan dalam diskusi-diskusi kelompok  yang diselenggarakan dalam RNPK ini

Isu-isu strategis yang akan dibahas terdiri atas Penataan dan Pengangkatan Guru; Revitalisasi Pendidikan Vokasi, meliputi pengembangan sertifikasi kompetensi, penguatan kerja sama lembaga pendidikan dengan dunia usaha dan dunia industri, penguatan kewirausahaan, dan penuntasan peta jalan revitalisasi Pendidikan Vokasi di provinsi. Selanjutnya Sistem Zonasi Pendidikan; Pemajuan Kebudayaan; dan Penguatan Sistem Perbukuan dan Penguatan Literasi. (Tim Warta/HP/AS/KS)

Semua Berita