Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Kaum Milenial Masih Utamakan Keluarga

Kaum Milenial Masih Utamakan Keluarga

08 Maret 2019 11:32:54

Jakarta, PAUD dan Dikmas, Kemendikbud. Ada kabar baik bagi orang tua, guru dan para pegiat pendidikan karakter maupun pola asuh generasi muda, hasil survei "Indonesia Millennial Report 2019" bekerjasama dengan Alvara Research Center,   hasil penelitian yang dilakukan selama 3 minggu sejak 20 Agustus - 6 September 2018, menunjukkan Kaum Milenial Masih Utamakan Keluarga.

Dari 1400 peserta survei yang terdiri dari generasi milenial Indonesia, 33 persennya menyatakan bahwa aktivitas yang paling mereka sukai adalah berkumpul dengan keluarga. Artinya, di tengah kesibukannya, baik bersekolah, berorganisasi, atau meniti karir, mereka tetap ingin menyempatkan waktu berkumpul bersama keluarga.

Ada yang menarik dari hasil penelitian tersebut, milenial yang berusia 20-27 tahun atau disebut junior milenial dan belum menikah, memilih ingin memiliki rumah (56,7 persen) dan membahagiakan orang tua (55,9 persen).

Sedangkan 58 persen milenial yang berusia 28-35 tahun atau senior milenial dan sudah menikah memilih ingin menjadi orang tua yang baik selain berkeinginan memiliki rumah (51,5 persen), dan membahagiakan orangtua (52,7 persen).

Masih dari survei yang sama, indikator lain menunjukkan peran orang tua masih dominan bagi kehidupan milenial, terutama dalam penentuan jurusan saat akan kuliah. Survei menunjukkan, faktor penentuan jurusan paling utama adalah rekomendasi orang tua (33,3 persen), brand jurusan/ universitas favorit (29,1 persen), serta biaya (23,9 persen).

Survei Indonesia Millennial Report 2019 ini bertujuan untuk memahami karakter dan perilaku milenial. Pemahaman akan hal itu menjadi dasar menyusun strategi untuk mendorong kaum milenial menjadi roda penggerak ekonomi Indonesia, menjelang satu abad Indonesia pada tahun 2045 dan menuju negara dengan pendapatan tinggi.

Sensus Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, kelompok milenial berusia 20-35 tahun mencapai 24 persen atau 63,4 juta dari penduduk kategori usia produktif (14-64 tahun ) yang jumlahnya mencapai 179,1 juta jiwa (67,6 persen). (Tim Warta/MHF/KS)

Semua Berita