Ditjen PAUD-Dikmas

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Tiga BP PAUD Dan Dikmas Terima Penghargaan Kemenkumham

Tiga BP PAUD Dan Dikmas Terima Penghargaan Kemenkumham

28 Maret 2019 09:27:47

Mataram, PAUD dan Dikmas, Kemendikbud. Tiga Balai Pengembangan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan Dikmas), raih penghargaan atas kontribusi positif dalam bentuk komitmen dan kerjasama dalam pemenuhan hak anak khususnya di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), saat Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke 55 Tahun 2019 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Senin (25/3)

BP PAUD dan Dikmas Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), BP PAUD dan Dikmas Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan BP PAUD dan Dikmas Provinsi Jambi. Meraih penghargaan melalui kegiatan yang disiarkan dan diikuti 33 LPKA diseluruh Indonesia, menggunakan sambungan langsung jarak jauh (teleconference) dengan pusat kegiatan di Graha Bhakti Pemasyarakatan di kawasan perkantoran Kemenkumham Jakarta.

Pada kegiatan tersebut Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengatakan, bahwa Pemenuhan hak identitas anak menjadi hal yang penting dan mendesak untuk segera dipenuhi, agar Anak memiliki akses pelayanan publik lainnya seperti layanan kesehatan dan layanan.

“Hak identitas anak ini sangatlah penting untuk dipenuhi agar anak bisa mendapatkan pelayanan publik lainnya, seperti layanan bantuan pendidikan melalui kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang dikeluarkan oleh Kemendikbud, serta layanan bantuan kesehatan berupa Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau BPJS,” ujar Yasonna.

Ditambahkan oleh Menkumham bahwa anak masih memiliki keterbatasan kemampuan dan tanggung jawab dan rentan terhadap perlakuan buruk pihak lain. Sehingga, Anak wajib mendapatkan perlindungan negara dalam rangka pemenuhan hak-haknya termasuk anak yang sedang berkonflik dengan hukum. (Tim Warta PAUD dan Dikmas/ MHF/KS)

Semua Berita