Ditjen PAUD-Dikmas

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Kabupaten Sumedang Jadi Kabupaten Literasi

Kabupaten Sumedang Jadi Kabupaten Literasi

30 April 2019 18:01:52

Sumedang, PAUD dan Dikmas. "Dengan dicanangkan literasi di Kabupaten Sumedang, bisa melangkah ke arah yang lebih jauh yang diharapkan dapat meningkatkan pendidikan di Kabupaten Sumedang," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) Harris Iskandar, saat peresmian Kabupaten Sumedang menjadi Kabupaten Literasi dan Hari jadi Kabupaten ke 441 di Kampung Buricak Burinong, Desa Cisema, Kecamatan Darmaraja. Senin (22/4)

Dijelaskan oleh Harris, Kabupaten Sumedang menjadi Kabupaten Literasi karena keberhasilan masyarakatnya dalam literasi atau angka mengenal huruf sudah mencapai 99,10 %. Walaupun secara sisa presentase angka buta hurufnya kecil, namun jika diangkakan berjumlah sekitar sekitar 5 juta yang masih buta huruf dan tentunya ini menjadi perhatian bagi kita semua.

Dirjenpun berharap agar literasi di Sumedang bukan saja hanya fokus pada baca dan tulis, tetapi juga literasi digital, sains, finansial dan budaya yang merupakan sebuah paket untuk bisa hidup di abad 21. Pemerintah sudah menyiapkan berbagai bantuan melalui Bantuan Operasional Pendidikan (BOP), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan sebagainya.

Pencanangan Gerakan Indonesia membaca di Kabupaten Sumedang sebagai Kabupaten Literasi, ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Dirjen PAUD dan Dikmas, Bupati Sumedang dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang. (Tim Warta/AS/MHF/KS)

Semua Berita