Ditjen PAUD-Dikmas

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

63% Anggaran Pendidikan Dikelola Daerah

63% Anggaran Pendidikan Dikelola Daerah

08 Mei 2019 13:26:10

Jakarta, PAUD dan Dikmas, Kemendikbud. “Kita juga mencatat anggaran pendidikan kita sekitar 63% dikelola daerah,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di Halaman Utama Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kamis (2/5)

Oleh karena itu, perlu diingatkan terus-menerus agar daerah mengambil peran yang lebih aktif dalam memanfaatkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersebut, baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan memperhatikan kualitas pemanfaatan untuk program-program prioritas, serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang menjamin alokasi anggaran pendidikan minimal 20%, ujar Mendikbud.

Pembangunan pendidikan dan kebudayaan dalam rangka penguatan sumberdaya manusia yang berkualitas akan berjalan secara optimal manakala Pemerintah Daerah dan segenap pemangku kepentingan daerah yang ada proaktif dan lebih aktif dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan dan kebudayaan, ujar Mendikbud menambahkan.

Menutup pidatonya Mendikbud berpesan agar momentum Hari Pendidikan Nasional agar berkonsentrasi pada segenap potensi pendidikan nasional, dengan menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Serta Mendikbud juga menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri. Terutama kepada pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang, para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya. (Tim Warta/ AS/MHF/ KS)

Semua Berita