Ditjen PAUD-Dikmas

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Dirjen PAUD dan Dikmas himbau Pelaksanaan UNBK Paket B harus tertib aturan

Dirjen PAUD dan Dikmas himbau Pelaksanaan UNBK Paket B harus tertib aturan

13 Mei 2019 19:29:55

Tangsel, PAUD dan Dikmas. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) Harris Iskandar, menghimbau peserta didik dan juga penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Paket B agar mematuhi tata tertib, aturan dan Pedoman Operasional Standar (POS) yang telah ditetapkan.

“Dalam pelaksanaan UNBK paket B, peserta didik, pengawas ruangan dan pengelola satuan pendidikan harus tertib dan patuhi aturan POS,” ujar Harris saat meninjau salah satu lokasi penyelenggaraan UNBK di Kota Tanggerang Selatan (Tangsel). Jum’at (10/5)

Hal tersebut disampaikan oleh Harris saat menemukan beberapa pelanggaran aturan saat pelaksanaan UNBK, seperti masih ditemukannya peserta yang tidak melampirkan fotonya didaftar peserta ujian. Menurut Harris dengan tidak dilampirkan foto peserta ujian dapat membuka kesempatan peluang kecurangan, yaitu peluang terjadinya perjokian disaat pelaksanaan ujian.

Menyikapi hal tersebut Harris langsung mengingatkan pelaksana ujian dan berpesan kepada Sutaryonio, selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanggerang yang turut hadir pada saat itu, agar hal tersebut jangan sampai terulang kembali.

“Kita harus teliti dalam mengawasi pelaksanaan ujian, sekecil apapun itu aturan harus dipatuhi dan dilaksanakan, karena kita ingin penyelenggaraan UNBK semakin berkualitas dan juga tidak dipandang remeh,” ujar Harris sambil mengecek daftar peserta UNBK disetiap ruang ujian.

Selama melakukan pemantauan pelaksanaan UNBK, setidaknya ada 4 (empat) lembaga di 5 (lima) lokasi penyelenggaraan UNBK yang dipantau Harris selama dua hari, sejak tanggal 10 Mei s.d 11 Mei 2019 di Kota Tangsel yaitu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ki Hajar Dewantara, bertempat di SMA Negeri 1 Kota Tanggerang Selatan dan SMA Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) 56 Ciputat, PKBM Kak Seto bertempat di Jalan Taman Makam Bahagia ABRI Pondok Aren, PKBM Geliat Bocah Kampoeng bertempat di Jalan Ciater-Serpong dan PKBM Bimasda bertempat di Sekolah Menengah Atas Kejuruan Negeri (SMKN) Kota Tangsel. (Tim Warta/MHF/AS/KS)

Semua Berita