Ditjen PAUD-Dikmas

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

UNBK Kesetaraan Paket B Kota Tanggerang Selatan Lancar Jaya

UNBK Kesetaraan Paket B Kota Tanggerang Selatan Lancar Jaya

13 Mei 2019 19:32:05

Tangsel, PAUD dan Dikmas. “Alhamdulillah hingga saat ini pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) paket B setara Sekolah Menengah Pertama (SMP), di Tanggerang Selatan (Tangsel) lancar jaya alias tidak ada kendala maupun persoalan, baik itu berhubungan dengan komputer maupun masalah teknis lainnya,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Budaya Baca Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan & Kesetaraan (Dit. Bindik Akstara) Untung. Sabtu (11/5)

Hal tersebut disampaikan Untung, pada saat mendampingi Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) Harris Iskandar melakukan pemantauan UNBK paket B di Kota Tangsel.

Berdasarkan daftar rekapitulasi peserta dan lembaga UNBK kesetaraan paket B Kota Tangsel tahun 2018/2019, ada 863 orang warga belajar yang mendaftar menjadi peserta UNBK di 19 lembaga terdiri dari 622 orang laki-laki dan 241 orang perempuan. Sedangkan untuk penyelenggaraannya ada yang melaksanakan sendiri dan ada juga yang bergabung ke sekolah formal.

Ditambahkan oleh Untung, bergabungnya lembaga penyelenggara pendidikan kesetaraan dengan sekolah formal dalam penyelenggaraan UNBK disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: sarana dan prasarana komputer masih terbatas, ada lembaga yang jumlah peserta didiknya banyak dan juga ada yang sedikit.   Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki lembaga juga masih terbatas dalam bidang Informasi dan Teknologi (IT).

Namun untuk kedepannya Ditjen PAUD dan Dikmas berencana akan memasukkan program bantuan komputer bagi penyelenggara pendidikan kesetaraan, sehingga kendala keterbatasan komputer bagi lembaga yang telah memenuhi syarat jumlah peserta UNBK dapat diatasi. Namun tujuan utama bantuan komputer tersebut bukan pada UNBK kesetaraan saja, tetapi juga pengenalan teknologi informatika, ujar untung menutup pembicaraan. (Tim Warta/MHF/AS/KS)

Semua Berita