Ditjen PAUD-Dikmas

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Pentingnya Melaksanakan MCU

Pentingnya Melaksanakan MCU

31 Mei 2019 16:05:57

Jakarta, PAUD dan Dikmas. Pemeriksaan kesehatan atau Medical Cek Up (MCU) bukan saja bermanfaat bagi diri sendiri, tetapi juga bagi Instansi karena dapat mengoptimalkan hasil kinerja, ujar Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD dan Dikmas) Harris Iskandar, saat MCU pegawai dilingkungan Sekertariat Direktorat Jenderal (Setditjen) PAUD dan Dikmas. Senin (20/5)

Bertambahnya usia dapat menjadi salah satu faktor rentannya tubuh seseorang dari serangan berbagai penyakit. Dengan melakukan deteksi sejak dini akan berguna untuk mengantisipasi penyakit parah yang mungkin terjadi pada waktu mendatang, ujar Harris dalam kegiatan MCU yang diselenggarakan tanggal 20 dan 22 Mei oleh Bagian Umum dan Kerjasama Setditjen PAUD dan Dikmas.

Harris dalam arahannya berpesan kepada seluruh pegawai dilingkungan Ditjen PAUD dan Dikmas agar melakukan MCU secara rutin, “Paling tidak lakukan pemeriksaan kesehatan yang dasar seperti pemeriksaan fisik oleh dokter, pemeriksaan darah, urine, dan foto rontgen.

Aktifitas dalam UKG antara lain adalah pemeriksaan urine yang bertujuan untuk melihat apakah ada zat narkotika dan psikotropika dalam tubuh seseorang, tensi darah untuk mengetahui tekanan darah, timbang berat badan dan mengukur lingkar pinggang guna mengetahui apakah kekurangan ataupun kelebihan berat badan, pemeriksaan mata, rontgen dada, cek darah dan urin, Audiometri, Spirometry, serta Elektrokardiogram (EKG) dan diakhiri dengan pemeriksaan oleh Dokter untuk mengetahui kondisi fisik dan keluhan penyakit sebagai deteksi awal. (Tim Warta/AS/MHF/KS)

Semua Berita