Ditjen PAUD-Dikmas

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Wartanto : Puasa Ramadhan Bagaikan Proses Ulat Menjadi Kupu-Kupu

Wartanto : Puasa Ramadhan Bagaikan Proses Ulat Menjadi Kupu-Kupu

13 Juni 2019 14:08:38

Jakarta, PAUD dan Dikmas. “Puasa Ramadhan sebulan penuh yang telah kita lalui bagaikan proses ulat menjadi kupu-kupu,” ujar Sekertaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ses Ditjen PAUD dan Dikmas) Wartanto, saat acara Halal Bihalal Keluarga Besar Ditjen PAUD dan Dikmas. Senin (10/6)

Karena selama berpuasa Ramadhan manusia dididik untuk melakukan metamorfosis kearah yang lebih baik, yaitu menahan godaan demi godaan yang datang silih berganti yang imbasnya kalau tidak kuat menahan godaan tersebut dapat mengurangi pahala dan bahkan membatalkan puasa. Diibaratkan ulat yang sedang berpuasa saat menjadi kepompong, jika ulat tersebut tergoda maka ia akan menjadi kupu-kupu yang tidak sempurna atau bahkan gagal.

Kalau diperhatikan, dalam kurun waktu selama 11 bulan, sebagian besar tenaga serta waktu kita lebih diutamakan untuk memenuhi kebutuhan fisik kita dibanding kebutuhan rohani. Sejak bangun tidur sampai mau tidur lagi, kita disibukkan dengan urusan duniawi, mulai urusan keluarga, ekonomi, bisnis, , politik, dan sebagainya. Akan tetapi, kita sering lupa dengan kebutuhan rohaniah kita.

Oleh sebab itu Sesditjen PAUD dan Dikmas mengajak seluruh Keluarga Besar Ditjen PAUD dan Dikmas, agar melakukan proses transformasi diri kearah yang lebih baik. Berpuasa adalah bentuk perbaikan atau menjadi semacam media untuk menyeimbangkan kehidupan supaya kita kembali ke fitrah ujar Wartanto menjelaskan.

Sementara itu masih diacara yang sama Dirjen PAUD dan Dikmas, Harris Iskandar juga menyempatkan diri memberikan Tausiyah mengenai dampak positif dan aplikasi diri pasca puasa Ramadhan, serta memberikan apresiasi bagi para pegawai dilingkungan Ditjen PAUD dan Dikmas yang berprestasi diperlombaan yang diikutinya dalam rangka Hardiknas beberapa saat yang lalu. (Tim Warta/MHF/AS/KS)

Semua Berita