Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Dirjen Tegaskan Pentingnya Pembangunan Karakter

Dirjen Tegaskan Pentingnya Pembangunan Karakter

24 Juni 2019 16:38:28

Cibodas, PAUD dan Dikmas. “Pembangunan karakter sangat penting,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD dan Dikmas) Harris Iskandar menegaskan arahannya, saat membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) non klasikal atau outbound di Cibodas – Jawa Barat. Selasa (19/6)

Outbond adalah pengalaman belajar, artinya proses perubahan yang menggunakan pengalaman sebagai media pembelajaran. Pengalaman yang menyenangkan serta penumbuhan karakter agar berubah ke arah yang lebih baik, ujar Harris menambahkan

Selain itu Dirjen PAUD dan Dikmas juga menjelaskan 3 (tiga) hal penting dalam menumbuhkan karakter yaitu Pertama Istiqomah, berwujud etika, punya rasa malu, integritas, tidak gila jabatan, taat hukum dan aturan.

Hal penting yang kedua adalah bermanfaat bagi orang lain seperti mencitai profesinya, tanggung jawab dan selalu produktif. Serta hal terpenting yang ketiga adalah pandai bersyukur dengan cara berfikiran positif, selalu lebih baik dari kemarin, menghargai dan tepat waktu.

Usai sambutan dan arahan Dirjen PAUD dan Dikmas acara dilanjutkan tausiyah yang disampaikan oleh KH Asmar Lambo atau biasa dipanggil Aslam, seorang Dai yang juga Ketua Ikatan Da'i Muda Asia Tenggara.

Dalam tausiyahnya Aslam menyampaikan tentang 4 kunci kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat, sebagai berikut: 1) Menyucikan hati yaitu selalu membersihkan hati dari dengki dan hasad. Jauhkan hati dari penyakit Senang Melihat orang lain Susah, Susah Melihat orang lain Senang (SMS), karena akan merusak bekerja dengan ikhlas. Lalu bersihkan juga hati dari kesombongan dan merasa lebih baik dari orang lain, 2) Memperbaiki dan meluruskan niat, dengan cara bekerja dengan baik dan untuk keberkahan hidup kita di dunia dan akherat. 3) Berprasangka baik kepada Allah, dan 4) Tawakkal Kepada Allah. (Tim Warta/AS/MHF/KS)

Semua Berita