Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

PSSI Apresiasi Aplikasi SIPODIK

PSSI Apresiasi Aplikasi SIPODIK
Peserta Kegiatan Sosialisasi Sistem Perizinan Online Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (SiPODIK) gelombang pertama, sedang mendokumentasikan diri usai kegiatan berlangsung. (Fotographer: M. Husnul Farizi/KS)

22 Agustus 2019 23:19:53

Kuta Bali, PAUD dan Dikmas. “Aplikasinya sangat bagus dan mudah digunakan,” ujar Ketua Pengurus Perkumpulan Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama/SPK Indonesia (PSSI) Haifa Segeir, saat ditemui tim warta PAUD Dikmas disela-sela Kegiatan Sosialisasi Sistem Perizinan Online Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (SiPODIK), Direktorat Jenderal PAUD & Dikmas pada tanggal 20 Agustus 2019 di Bali.

Akhirnya terwujud juga SiPODIK yang selama ini kita tunggu-tunggu. Selain mudah dioperasionalkan sistem tersebut, kita juga dapat mengetahui perkembangan prosesnya, dikarenakan SiPODIK secara langsung akan mengkonfirmasikan kepada pemohon, sejauh mana proses permohonan rekomendasinya karena ada notifikasi atau pemberitahuan ke alamat email masing-masing pemohon. Sangat menghemat waktu dan kita tidak perlu repot-repot menanyakan kepada petugas sejauh mana perkembangan proses pengajuan rekomendasinya. Kelebihan lainnya SiPODIK terkoneksi langsung ke sistem perizinan yang ada di Biro Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (BKLN Kemendikbud), sehingga tentunya semakin memangkas waktu proses pengajuan perizinan di lingkungan PAUD dan Dikmas ujar Haifa menambahkan.

Senada dengan Haifa, Herman yang merupakan perwakilan dari salah satu Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang hadir diacara tersebut juga menyampaikan apresiasinya. “Dengan adanya SiPODIK ini, masyarakat atau pemohon tidak perlu lagi repot-repot untuk datang ke Kementerian hanya untuk mengurus izin rekomendasi peserta didik atau lembaga,” pungkas Herman.

Kegiatan sosialisasi SiPODIK dihadiri oleh perwakilan SPK, lembaga kursus, dinas pendidikan Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Indonesia Bagian Tengah dan Timur. Selain diselenggarakan di Bali, kegiatan Sosialisasi tersebut direncanakan akan diselenggarakan di Kota Batam pada tanggal 23 Agustus 2019. (Tim Warta/AS/MHF/KS)

Semua Berita