Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Mendikbud: “Jangan Sampai Ada Formalisasi PAUD”

Mendikbud: “Jangan Sampai Ada Formalisasi PAUD”

28 Agustus 2019 18:43:16

Jakarta, PAUD dan Dikmas. "Jangan sampai ada formalisasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, saat berbicara pada kegiatan disalah satu lembaga mitra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Universitas Muhamadiyah Jakarta. Rabu lalu (21/8)

Nanti akan hilang aspek informalnya, demikian disampaikan Mendikbud. Selain itu, juga ditekankan bahwa di PAUD tidak boleh ada proses membaca, menulis, dan berhitung (calistung). Kalaupun ada, harus dilakukan dengan cara yang sesuai dengan dunianya.

Sebagai pendidikan informal, PAUD tetap membutuhkan peran orang tua untuk selalu mendampingi anak-anaknya ketika berada di sekolah. Karena pendidikan bukan saja menjadi tanggung jawab tenaga pendidik atau guru saja, pungkasnya.

Kemendikbud melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan juga terus menyusun tata kelola guru termasuk guru PAUD, mulai dari persiapan guru PAUD yang merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

Menutup arahannya, beliau menyampaikan bahwa Kemendikbud dan Kemristekdikti bersama-sama akan mempersiapkan calon guru pada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). (Tim Warta/AS/MHF/KS)

Semua Berita