Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Mendikbud Paparkan Arah Baru Pengembangan Pendidikan

Mendikbud Paparkan Arah Baru Pengembangan Pendidikan

13 September 2019 09:42:38

Malang, PAUD dan Dikmas - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy tegaskan target yang ingin dicapai dalam arah baru pembangunan pendidikan nasional, khususnya menyangkut tantangan dan kondisi pendidikan di Indonesia dewasa ini dengan menyegarkan kembali pesan UU No 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Target yang ingin dicapai dalam arah baru pembangunan pendidikan nasional adalah bukan sekedar pemerataan akses pendidikan tetapi akses yang berkualitas,” ujar Muhadjir Effendy, Senin (2/9).

Mengacu kepada potret demografi, Indonesia sedikit diuntungkan karena 180 Juta penduduknya masih dalam karafgori “produktif” dan 60 Juta lainnya “non-produktif”. Bagi negara lain yang berhasil memanfaatkan bonus demografi seperti Jepang, Korea dan Tiongkok, hampir dapat dipastikan mampu beradaptasi dengan perkembangan global, ujar Mendikbud.

Muhadjir melukiskan tantangan pendidikan di Indonesia masih berkutat kepada masalah mutu pendidikan, akses pendidikan dan infrastruktur pendidikan. Tentang mutu pendidikan, hasil belajar siswa seperti yang ditunjukkan dalam PISA, TIMMS, UN dan AKSI dinilai masih kurang dan relatif tidak ada peningkatan signifikan selama 10 tahun terakhir.

Menyangkut akses pendidikan, di Indonesia masih terdapat anak usia sekolah yang tidak bersekolah, khususnya untuk jenjang pendidikan menengah sedangkan tantangan dalam hal infrastruktur pendidikan masih ditemukan kondisi sekolah yang masih mengalami kerusakan, pungkas Mendikbud. (Tim Warta/KS/Sumber: Itjen Kemdikbud)

Semua Berita