Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Gerakan Literasi Ditujukan Program Multiaksara

Gerakan Literasi Ditujukan Program Multiaksara

13 September 2019 09:52:12

Makasar, PAUD dan Dikmas - Gerakan literasi bukan hanya sekedar membaca, tetapi memberi pemahaman yang lebih luas, dan kegiatan multiaksara. Gerakan literasi yakni suatu usaha memberdayakan masyarakat dan merupakan wujud nyata dari kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar dalam membangun keaksaraan masyarakat sehingga tercapai suatu tatanan masyarakat yang mempunyai kapasitas untuk mengelola dirinya, lingkungan dan bangsa.
"Kegiatan literasi kita baru pada kemampuan membaca. Ke depannya, diharapkan agar masyarakat lebih merasakan manfaatnya maka gerakan literasi diarahkan pada kegiatan multiaksara," papar Wartanto, Sekretaris Ditjen PAUD dan Dikmas, dalam workshop Literasi di Swiss Bell, Makasar, Jumat (6/9).
Menurutnya, pegiat juga harus mulai menjadikan masyarakat bukan hanya objek, tetapi sebagai subjek. Serta mampu memahami kondisi masyarakat, sehingga masyarakat benar-benar tertarik untuk membudayakan membaca dan menuangkan pikirannya.
"Masyarakat didorong untuk menulis, minimal menulis pengalaman masing-masing. Sehingga memiliki kebermanfaatan dari kemampuan membacanya. Literasi harus lebih kepada to be," ujar Wartanto.
Kegiatan ini diikuti sekitar 100 orang pegiat dari seluruh Indonesia dan merupakan rangkaian dari peringatan HAI ke-54 yang dipusatkan di Makasar, Sulawesi Selatan.(*)

Semua Berita