Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Bhabinkamtibmas Pejuang Tuna Aksara Natuna Mendapatkan Apresiasi Rp. 20 Juta

Bhabinkamtibmas Pejuang Tuna Aksara Natuna Mendapatkan Apresiasi Rp. 20 Juta

22 September 2019 20:59:39

PAUD Dikmas, Natuna. Seorang Brigadir Polisi Murdiyanto dianugrahi bantuan senilai 20 juta oleh Mendikbud, Muhadjir Effendy pada acara Peluncuran Sekolah Digital di Natuna (19/9/19). Bantuan ini diberikan sebagai dukungan Kemendikbud atas upaya yang telah dilakukan Murdiyanto dalam mendorong anak untuk gemar membaca.

Pada 2017 sang Brigadir ditempatkan menjadi Bhabinkamtibmas di Kelurahan Ranai Polsek Bunguran Timur. Bhabinkamtibmas adalah petugas Kepolisian yang ditugaskan di tingkat desa sampai dengan kelurahan untuk mengemban fungsi Preventif, membina keamanan dan ketertiban dengan cara bermitra dengan masyarakat.

Pada saat bertugas, pria kelahiran Bojonegoro ini melihat bagaimana anak-anak mulai meninggalkan buku dan beralih kepada gawai (gadget). Terketuklah pintu hatinya untuk berupaya membuat anak-anak mencintai buku. Usaha pertamanya adalah meminjam buku dari perpustakaan, lalu membuat lapak di pantai. Dengan penampilan kontrasnya sebagai polisi namun membawa buku, anak-anak mulai tertarik.

Pada suatu hari muncul ide kreatifnya, bermodalkan kocek pribadi senilai 3 juta Rupiah, ia memodifikasi motor untuk dijadikan perpustakaan keliling. "Lumayan berat, ada sekitar 100 Kg, tapi saya rancang agar visibilitas di belakang tetap optimal, jadi faktor keselamatan juga sudah dipertimbangkan" ujarnya.

Dengan motor keliling ini anak-anak pun semakin antusias. Pinjam dan baca buku secara gratis, "sudah ada yang minjam saja saya sudah senang, kalau ada yang tidak kembali juga tidak apa-apa, anggap saja jadi amal saya" tutur sang Brigadir dengan senyuman.

Selain motor keliling, beliau memanfaatkan rumahnya menjadi Rumah Baca Bhabinkamtibmas. Total sampai dengan saat ini tercatat kurang lebih 1000 buku di rumah baca miliknya, dengan pengunjung sampai dengan saat ini mencapai 1600 an orang. Pria yang selalu tersenyum ini berkata "Saya dirikan rumah baca ini cuma target 800 an pengunjung, Alhamdulillah jauh melebihi target saya".

Selain kegiatan di atas, bapak dua orang anak ini juga menyediakan permainan, ular tangga edukasi yang berukuran besar, mewarnai secara gratis, memanah gratis, bermain puzzle.

Pada saat berkunjung ke Rumah Baca Bhabinkamtibmas "Kepala Subbagian Kerjasama, Setditjen PAUD Dikmas, Kemendikbud Adi Sutrisno menuturkan "cuma orang dalam tanda kutip gila, yang mau mengerjakan ini", karena memang apa yang Sang Brigadir ini lakukan tidak berbuah materi kepadanya, bahkan kadang malah mengurangi jatah uang dapur istrinya.

Penunjukan Rumah Baca Bhabinkamtibmas untuk mendapatkan bantuan adalah rekomendasi dari Disdikpora Kab. Natuna. "Untuk mendukung literasi memang rumah baca ini begitu aktif bahkan kemarin mereka meminta izin akan turun ke PAUD untuk melaksanakan Gerakan Nasional Membacakan Buku (gernas baku)", ujar Kasi Pembinaan PAUD Disdikpora Kab. Natuna, Sulaiman.

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Mendikbud yang telah memilih rumah baca kami untuk mendapatkan bantuan ini,  dan kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan rumah baca yang kami kelola sehingga sampai saat ini masih berjalan dengan baik” ucap pencetus Rumah Baca Bhabinkamtibmas di Kelurahan Ranai tersebut.

Brigadir Polisi Mudiyanto mengharapkan kedepannya dengan adanya Rumah Baca Bhabinkamtibmas, Perpustakaan Keliling Bhabinkamtibmas, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang telah ia bangun dan kembangkan selama ini dapat berguna bagi generasi-generasi muda untuk selalu minat dan gemar membaca buku. (Tim warta/KS/Gusap/AS)

Semua Berita