Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Kemendikbud Terbitkan Surat Edaran Terkait Hari Batik Nasional

Kemendikbud Terbitkan Surat Edaran Terkait Hari Batik Nasional
Stand Pameran Ditjen PAUD dan Dikmas saat mengikuti Pekan Batik Pekalongan 2017 silam (Foto: Dokumentasi Istimewa Ditjen PAUD & Dikmas)

30 September 2019 18:03:11

Jakarta, PAUD dan Dikmas. Ditetapkannya surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor Nomor 33/2009, tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional, Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah Non PNS (PPNPN) dan seluruh elemen masyarakat diminta mengenakan batik.
Didik Suhardi atas nama Mendikbud, mengeluarkan Surat Edaran Nomor 110505/A.A6.2/TU/2019 tertanggal 24 September 2919, menghimbau para pimpinan dilingkungan Kemendikbud baik yang di Pusat maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT) di daerah, dan para Kepala Sekolah/Madrasah diseluruh Indonesia agar mengenakan batik.
Selain itu, dalam surat tersebut dihimbau agar diselenggarakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan mempromosikan batik seperti pameran, peragaan busana, lomba membantik dengan teknik canting dan lain-lain. Termasuk menghiasi gedung instansi masing-masing dengan hiasan bernuasa batik selama lima hari mulai tanggal 30 September s.d 5 Oktober 2019.
Peringatan Hari Batik Nasional tahun ini telah memasuki tahun kelima. Penetapan Hari Batik Nasional sebagai usaha pemerintah untuk meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif di forum internasional, serta untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia.
Pemilihan Hari Batik Nasional jatuh setiap tanggal 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO, PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, dan secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan Budaya Dunia Tak Benda Warisan Manusia.

Semua Berita