Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Kemendikbud Bentuk Satgas Tim Terpadu Perlindungan Anak

Kemendikbud Bentuk Satgas Tim Terpadu Perlindungan Anak

03 Oktober 2019 17:37:27

Jakarta, PAUD dan Dikmas. Adanya keterlibatan pelajar saat aksi unjuk rasa didepan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) beberapa waktu lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sepakat membentuk Satuan Petugas (Satgas) Terpadu Perlindungan Anak, saat rapat koordinasi di kantor KPAI. Rabu (2/10)
Kemendikbud bersama KPAI serta Kementerian/Lembaga lainnya, mengambil langkah-langkah strategis, dalam menyikapi aksi unjuk rasa pelajar tersebut dengan membentuk Satgas Terpadu Perlindungan Anak, ujar Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen) M. Bakrun.
Sementara itu dikegiatan yang sama, Susanto selaku Ketua KPAI menyampaikan bahwa Satgas yang dibentuk tersebut bertujuan untuk mencegah hal yang sama tidak terjadi kembali, serta menyinkronkan data dan melakukan upaya perlindungan anak setelah aksi unjuk rasa yang lalu. Deputi Bidang Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) Nahar, menambahkan bahwa tugas awal atau jangka pendek Satgas adalah mendata jumlah pelajar yang diamankan polisi saat unjuk rasa, kemudian akan dilakukan pendampingan untuk memastikan para siswa tersebut aman.
Untuk jangka panjang, tiap lembaga akan melakukan pencegahan terhadap pelibatan anak dalam setiap aksi unjuk rasa dengan digalakannya penguatan program sekolah baik di Kemendikbud maupun di Kementerian Agama (Kemenag), lanjut Nahar.
Satgas tersebut nantinya akan terdiri dari unsur Kemendikbud, Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan HAM (Kemenkopulhukam), Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri), Kementerian Agama, Kementerian Sosial, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat dan Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)

Semua Berita