Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Kemendikbud Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Kemendikbud Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

04 Oktober 2019 18:10:32

Jakarta, PAUD dan Dikmas. Mengangkat tema Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia,” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019, di halaman kompleks Kemendikbud, Selasa (1/10).
Hadir sebagai pembina upacara, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Supriano, mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, yang sedang menghadiri kegiatan serupa, di Monumen Kesaktian Pancasila Lubang Buaya, Jakarta Timur.
Mengenakan pakaian seragam biru Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), upacara yang berjalan khidmat tersebut diikuti oleh pegawai dan jajaran pimpinan di lingkungan Kemendikbud, termasuk juga Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD dan Dikmas), Harris Iskandar
Untuk informasi, “Hari Kesaktian Pancasila” yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 1 Oktober, merupakan hari yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia akan Gerakan 30 September 1965 (G30S). Suatu tragedi akan gerakan revolusi yang dilakukan oleh penganut Marxisme, Maoisme dan Leninisme, yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Sukarno dan berencana mengubah ideologi bangsa Indonesia, dari berdasarkan Pancasila menjadi negara komunis.
Dalam peristiwa G30S tersebut ditandai dengan gugurnya enam orang jenderal serta satu orang perwira pertama TNI Angkatan Darat yaitu Letnan Jenderal (Anumerta) Ahmad Yani, Mayor Jenderal Raden Soeprapto, Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono, Mayor Jenderal Siswondo Parman, Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan, Brigadir Jenderal Sutoyo Siswodiharjo, dan Lettu Pierre Andreas Tendean. Ketujuh korban tersebut kemudian dianugerahi sebagai pahlawan revolusi. (Tim Warta/MHF/AS/RD/KS)

Semua Berita