Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Pekan Nasional Keselamatan Jalan

Pekan Nasional Keselamatan Jalan

07 Oktober 2019 15:19:31

Purwokerto, PAUD dan Dikmas. Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi membuka secara resmi Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2019 di Gedung Olah Raga (GOR) Satria, Purwokerto, Minggu, (6/10/2019). Sebelum pembukaan secara resmi, terlebih dahulu diadakan sepeda santai massal yang diikuti oleh 1.000 peserta.

Kegiatan yang bertujuan untuk menggugah kesadaran pengguna jalan agar lebih tertib dan taat aturan lalu lintas ini dihadiri juga oleh Bupati Banyumas - Achmad Husain, Direktur Sarana Trasportasi Jalan - Sigit Irfansyah, Sekretaris Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas - Wartanto.

Acara dimeriahkan oleh Bocah Ngapak yang tampil mengocok perut warga Purwokerto, pertunjukan tarian dari anak anak PAUD Generasi Penerus Purwokerto, dan biduanita Susi Ngapak yang menghibur pengunjung yang hadir diacara tersebut dengan musik dangdutnya.

Direktur Sarana Transportas Jalan, Sigit Irfansyah menjelaskan pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Kenapa puncaknya dilaksanakan di Purwokerto? Karena angka kecelakaan di Purwokerto cukup tinggi dibanding dengan kabupaten lainnya.

Pada PNKJ kali ini, dilakukan juga panandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Ada 8 lingkup PKS konsep PKS ini yaitu: 1). Penyisipan Materi Keselamatan Transportasi Darat ke dalam satu tema pembelajaran dalam implementasi kurikulum PAUD, 2). ToT Materi Keselamatan Transportasi Darat, 3). Bimtek Materi Keselamatan Transportasi Darat kepada Pendidik PAUD, 4). Sosialisasi Transportasi Darat dalam bentuk penyuluhan keselamatan dengan berbagai media, 5). pemanfaatan prasarana transportasi darat yang memadai untuk dapat digunakan sebagai Taman Bacaan Masyarakat (TBM), 6). Pemanfaatan Media Taman Edukasi Keselamatan Transportasi Darat, 7). Penyediaan Bahan Materi Keselamatan Transportasi Darat, dan 8). Melakukan koordinasi, monitoring, dan evaluasi dengan Dinas Perhubungan dan Dinas Pendidikan Setempat. (Tim Warta/AS/KS)

Semua Berita