Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Delapan Inovasi Layanan Publik Akan Direplikasi Secara Nasional

Delapan Inovasi Layanan Publik Akan Direplikasi Secara Nasional

09 Oktober 2019 10:35:12

Jakarta, PAUD dan Dikmas. “Pemerintah akan mereplikasi delapan inovasi yang berasal dari instansi Pemerintah Pusat dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Tujuan replikasi tersebut adalah untuk percepatan pelayanan publik dan mewujudkan pelayanan prima,” ujar Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah I Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Noviana Andrina. Rabu (2/10).

Disampaikan oleh Noviana bahwa kedelapan inovasi yang akan direplikasi secara nasional adalah: 1). “Rumah Belajar” milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2). “119 Kolaborasi Nasional Layanan Emergensi Medik” milik Kementerian Kesehatan. Selanjutnya 3). “Penanganan Pengaduan Berperspektif Korban” milik Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 4). “Kakeku Datang (Kartu Keluarga Ku Data Ulang)” milik Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), 5). “Model Pelaksanaan Pilkades melalui e-voting” milik Pemkab Batang Hari, dan tiga yang terakhir adalah 6). “Surat Izin Mengemudi (SIM) Online”, 6). “Aplikasi Polisiku” dan 7). “Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)” milik Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Kementerian PANRB akan melakukan langkah pembinaan, pengawasan, dan monitoring evaluasi terhadap scaling-up yang dilakukan setiap unit kerja. “Kita juga akan membuat suatu sistem data base di mana inovasi yang sudah ada, kemudian bagaimana penyebarannya, dan bagaimana daerah-daerah melakukan replikasi,” pungkasnya. (Tim warta/MHF/AS/KS/sumber: kpp.go.id)

Semua Berita