Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Menpan RB Terbitkan Surat Edaran Pembentukan UPG

Menpan RB Terbitkan Surat Edaran Pembentukan UPG

17 Oktober 2019 13:50:11

Jakarta, PAUD dan Dikmas. Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), terbitkan Surat Edaran (SE) Menteri PANRB Nomor 04 Tahun 2019 tentang Percepatan Pengendalian Gratifikasi di Instansi Pemerintah, Menpan meminta seluruh kementerian, lembaga, dan daerah (K/L/D) membentuk Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG).

Surat Edaran yang ditandatangani oleh Menteri PANRB Syafruddin pada tanggal 18 September 2019, merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategis Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK), yang berfokus pada pencegahan korupsi di 3 titik, yaitu perizinan dan tata niaga, keuangan negara, serta penegakkan hukum dan reformasi birokrasi.

Sebagaimana tertulis dalam SE, UPG yang terbentuk di internal instansi pemerintah untuk melakukan fungsi pengendalian gratifikasi dan meneruskan fungsi UPG kepada seluruh satuan kerja vertikal mandiri terkecil instansi pemerintah; Menerapkan prinsip-prinsip pengendalian gratifikasi yaitu transparansi, akuntanbilitas, kepastian hukum, kemanfaatan demi kepentingan umum, independent dan perlindungan bagi pelapor.

Berikutnya tentang meningkatkan internalisasi kepada seluruh pegawai unit kerja agar memiliki pemahaman pengendalian gratifikasi yang memadai; meningkatkan kompetensi SDM pengelola UPG; mendorong seluruh pejabat dan pegawai untuk tertib menyampaikan laporan gratifikasi melalui UPG kepada KPK secara berkala; dan menunjukkan keteladanan bagi pegawai dengan melaporkan gratifikasi yang diterima pada saat penyelenggaraan pesta pernikahan, baik diri sendiri maupun anggota keluarga, serta hajatan atau perayaan hari besar keagamaan kepada UPG unit kerjanya. (Tim Warta/MHF/AS/KS)

Semua Berita