Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Presiden Joko Widodo Tunjuk Nadiem Makarim Jadi Mendikbud

Presiden Joko Widodo Tunjuk Nadiem Makarim Jadi Mendikbud
Foto Dokumen Istimewa Kemdikbud

24 Oktober 2019 20:32:01

Jakarta, PAUD dan Dikmas. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengangkat Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), menggantikan posisi Muhadjir Effendy yang juga diangkat kembali namun menjadi Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), saat pengumuman susunan Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Medan Merdeka.
“ Mas Nadiem Anwar Makarim sebagai Mendikbud menggantikan Muhadjir Effendy,” ujar Presiden Joko Widodo saat mengumumkan susunan kabinetnya periode 2019 - 2024 dihalaman Istana Negara.
Sekedar informasi, diantara deretan nama-nama Menteri yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo, pria berusia 35 tahun kelahiran Singapura 4 Juli 1984 dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri tersebut menjalani proses pendidikan dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas berpindah-pindah dari Jakarta ke Singapura.
Tahun 2002 selepas SMA, pria berdarah Minang-Arab tersebut melanjutkan pendidikannya dengan mengambil jurusan Hubungan Internasional di Brown University, Amerika Serikat. Bahkan sempat mengikuti pertukaran pelajar di London School of Economics usai memperoleh gelar sarjana pada tahun 2006, kemudian di tahun 2009 ia mengambil Pasca Sarjana dan meraih gelar Master of Business Administration di Harvard Business School.
Sedangkan untuk karier, Nadiem memulainya sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company, Zalora dan Kartuku kemudian mendirikan Go-Jek dan akhirnya diangkat dan dilantik menjadi Mendikbud. (tim Warta/MHF/AS/KS)

Semua Berita