Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Dirjen PAUD dan Dikmas Himbau seluruh Elemen Masyarakat Gotong Royong Untuk Pendidikan

Dirjen PAUD dan Dikmas Himbau seluruh Elemen Masyarakat Gotong Royong Untuk Pendidikan

12 November 2019 10:30:58

Jakarta, PAUD dan Dikmas - Sejalan dengan tema kegiatan Apresiasi PAUD dan Pendidikan Keluarga, "Penguatan Karakter Melalui Pendidikan Anak Usia Dini dan Pelibatan Keluarga," Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD dan Dikmas) Harris Iskandar, mengajak seluruh masyarakat untuk semakin menumbuhkan kecintaan dan kepedulian pada pendidikan di negeri ini.

“Beban pendidikan harus dipikul bersama secara gotong-royong antara pemerintah, masyarakat, para orang tua dan semua pemangku kepentingan. Dengan gotong royong Insya Allah semua permasalahan pendidikan akan terselesaikan dalam waktu yang lebih cepat, ujar Harris Iskandar saat malam Apresiasi PAUD dan Pendidikan Keluarga. Rabu (6/11).

"Pada kesempatan ini saya mengajak kepada semua komponen bangsa untuk mengkontribusikan tenaga, pikiran, dan potensinya bagi kemajuan pendidikan, bagi kemajuan bangsa ini, termasuk Orang Tua,” ucap Dirjen menambahkan. Karena menurutnya orang tua seharusnya tidak menyerahkan sepenuhnya urusan pendidikan pada sekolah, tetapi turut serta dalam mendidik anak.

Selain itu Dirjen juga menghimbau agar para orang tua untuk meningkatkan kemampuan, terutama dalam mengembangkan pendidikan anak yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini.
"Anak sekarang cenderung tidak bisa fokus, sedikit narsisme sehingga hal ini memberikan tantangan sendiri bagi kita. Kita memerlukan beberapa strategi pengasuhan yang baik. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus terus meningkatkan kemampuan dan terus belajar bagaimana mengasuh dan mengembangkan anak," kata Harris.

Pada kesempatan ini hadir mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, Harris Iskandar selaku Dirjen PAUD dan Dikmas, Wartanto selaku Sekretaris Ditjen PAUD dan Dikmas, Muhamad Hasbi selaku Direktur Pembinaan PAUD, dan Sukiman selaku Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga memberikan penghargaan kepada penerima apresiasi dan pemenang lomba.

Pemenang lomba adalah sebagai berikut: 1). lomba jurnalistik, terdiri dari 4 kategori (Opini, Feature, Blog, dan Vlog) dengan jumlah nominasi sebanyak 40 orang; 2). Film Pendek terdiri dari 4 kategori (Animasi, PFA, Dokumenter, Fiksi) dengan jumlah nominasi sebanyak 24 orang; 3). sekolah sahabat keluarga (PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, PNF), dengan jumlah nominasi sebanyak 21 lembaga; 4). konten kanal PAUD dengan jumlah nominasi sebanyak 18 kanal.

Selain itu, untuk kategori penghargaan diberikan kepada kepada: 1). Orang Tua Hebat sebanyak 32 Keluarga; 2). Organisasi Mitra Sahabat Keluarga sebanyak 3 orang, dan 3). pegiat PAUD sebanyak 12 orang. (Tim Warta/MHF/AS/KS)

Semua Berita