Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

HIMPAUDI Apresiasi Dirjen PAUD dan Dikmas

HIMPAUDI Apresiasi Dirjen PAUD dan Dikmas

27 November 2019 17:28:49

Jakarta, PAUD dan Dikmas. Himpunan Tenaga Pendidik dan Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Netti Herawati, apresiasi Direktur Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat Harris Iskandar terkait kegiatan Gerakan Edukasi “Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD” yang dilakukan serentak diseluruh Indonesia.
“Apa yang telah dilakukan Bapak Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas), Harris Iskandar tidak hanya bermanfaat bagi PAUD KM 0, tapi juga memotivasi PAUD lain di seluruh Indonesia,” ujar Netti Herawati disela-sela kegiatan Gerakan Edukasi “Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD” di Jakarta, bertempat di PAUD KM 0, Gedung A Komplek Perkantoran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kamis (21/11)
Netti Herawati mengatakan, Gerakan Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD ini diselenggarakan untuk mencegah stunting pada anak-anak usia dini, sehingga anak-anak Indonesia memiliki gizi yang baik dan menjadi anak yang cerdas. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh, terutama disebabkan karena kekurangan gizi kronis yang terjadi sejak usia balita.
“Jadi kita mendorong anak-anak untuk gemar makan ikan. Indonesia adalah negara yang memiliki perairan lautan terbesar kesembilan di dunia. Kekayanan hasil laut berupa ikan sangat melimpah di Indonesia, namun di Asia, tingkat konsumsi ikan kita termasuk rendah. Padahal ikan diketahui mempunyai protein yang tinggi dan punya potensi yang besar untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak,” katanya.
Gerakan ini digelar serentak pada 21 November 2019, bertepatan dengan peringatan Hari Ikan Nasional. Dalam gerakan ini Kemendikbud melakukan kerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan HIMPAUDI. Beberapa upaya yang telah dilakukan antara lain memberikan edukasi dengan menggelar seminar di lembaga PAUD agar pembiasaan makan ikan disukai anak-anak. Selain itu ada juga dengan peningkatan kompetensi untuk guru PAUD melalui lokakarya tentang materi stunting. (Tim Warta/MHF/AS/KS)

Semua Berita