Semangat Kartini menuju Indonesia Emas

admin May 22, 2014 Comments Off
Semangat Kartini menuju Indonesia Emas

Dharma Wanita Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (PAUDNI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI memperingati hari Kartini, Kamis (24/4) bertempat di ruang sidang Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat (Dikmas).

Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Ibu Kita Kartini, dan Mars Dharma Wanita sebagai pembuka acara. Selanjutnya tarian Tor-tor dari SD Modeslavidi binaan PKBM Cikarang mewarnai peringatan hari Kartini.

“Raden Ajeng Kartini merupakan salah seorang pahlawan wanita yang menginspirasi para wanita Indonesia untuk maju”, tutur Direktur Pembinaan Dikmas, Dr. Wartanto dalam sambuatannya.

Di singgung pula oleh Direktur bahwa persentase buta aksara di Indonesia sebanyak 60% adalah wanita. Melalui semangat Kartini, gerakan gender dengan program utama pemberantasan buta aksara menjadi agenda penting agar tidak ada lagi wanita Indonesia terbelenggu kebodohan akibat buta aksara.

Selaku ketua dharma wanita, Endah Muslich mengungkapkan hari Kartini bukan sekedar ceremonial semata, namun lebih dari esensi wanita yang lebih baik untuk anak-anak, keluarga, dan lingkungan.

“Ibu adalah jendela dunia pertama; guru pertama, dan contoh ketauladanan bagi anak-anaknya”, kata Endah.

Endah Muslich mengajak kepada para wanita Indonesia untuk mendukung pembangunan generasi muda menuju Indonesia emas.
Pada acara tersebut di umumkan pula undangan dengan busana terbaik menurut juri dari Komunitas Perempuan Peduli Pemberdayaan Masyarakat ( KANVAS) dengan hasil :
Juara I              : Ibu Lismanto
Juara II             : Ibu Esih
Juara III            : Saudari Aya
Juara Harapan I : Ibu Rawi
Juara Harapan II : Ibu Sukiman

Peringatan hari Kartini dilanjutkan dengan demo kerajinan tangan membuat aksesoris dari kain batik dan praktek membuat bros.