30 November 2019

PAUD Dikmas, Jakarta. Ribuan guru dan tenaga kependidikan anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dari berbagai daerah di Indonesia turut hadir pada upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, dalam rangka memperingati hari Guru Nasional 2019 dan HUT Ke-74 PGRI, Jakarta, Jumat (22/11).


Dalam upacara dan tabur bunga yang bertema “Persembahan Guru Penggerak Indonesia Maju” tersebut, turut hadir antara lain Ketua Umum PGRI, Dr. Unifah, M.Pd., beserta rombongan, dan Gubernur DKI, Anies Baswedan.


Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian yang dilakukan dalam rangka Hari Guru Nasional 2019 mulai dari seminar, gelar wicara, yang telah dipublikasikan di berbagai media.


Pada prosesi tabur bunga tampak terlihat antusiasme peserta memenuhi makam Presiden ke-3 Indonesia, B.J. Habibie. Semasa hidupnya, karya dan prestasi yang telah Habibie raih sangat menginspirasi rakyat Indonesia, sebuah fakta bagaimana pendidikan itu menjadi sarana yang dapat mengangkat harkat, derajat, dan martabat kehidupan manusia, dan juga negaranya.


Berdasarkan sejarahnya, tanggal 25 November ditetapkan sebagai hari lahir PGRI, diambil dari momentum pada saat PGRI menyelenggarakan Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November 1945 di Surakarta. Kongres ini merupakan wujud semangat proklamasi 17 Agustus 1945 dari para guru. Selain itu, tanggal 24 November juga diperingati sebagai Hari Guru Nasional, melalui Kepres No. 78 tahun 1994.


Puncak HUT PGRI rencananya akan digelar di Lampung, pada 23 November 2019 yang akan dihadiri lebih dari 100 ribu guru dan tenaga kependidikan dari seluruh Indonesia. (Tim warta/AS/Gusap/KS)



Tambahkan Komentar Baru

 Komentar Anda telah berhasil dikirim. Terima kasih!   Refresh
Kesalahan: Silakan coba lagi
ATAS